Membuat Rumah Menggunakan Java Netbeans
LAPORAN HASIL PRAKTIKUM JOBSHEET II
MEMBUAT RUMAH MENGGUNAKAN JAVA
PADA NETBEANS
Disusun
guna untuk memenuhi tugas
Mata
Kuliah Grafika Komputer
Dosen
Pengampu Imanaji Hari Sayekti, S.Pd, M.Pd
Disusun
oleh :
OSI
ULFAH 17.MI.0014
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PGRI KEBUMEN
TAHUN
AJARAN 2018 / 2019
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kita sampaikan
kepada kehadirat Allah S.W.T. karena dengan rahmat dan karunia-Nya, sehingga
penulis dapat menyelesaikan tugas Makalah ini tepat pada waktunya.
Sholawat serta salam tak bosan –
bosannya kita ucapkan kepada baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa
ummatnya kepada jalan kebenaran yang diridhai oleh Allah SWT dari dunia sampai
akhirat.
Laporan ini berjudul “Laporan Hasil
Praktikum II Membuat Rumah Menggunakan Java Pada Netbeans’’ ditulis dengan
tujuan untuk menyelesaikan tugas individu dalam mata kuliah Grafika Komputer.
Namun
perlu disadari bahwa, masih banyak kekurangan dalam penyusunan Laporan ini,
oleh karenanya segala perbaikan yang mengarah supaya makalah ini mendekati
sempurna, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.
Atas perhatiannya
penulis ucapkan banyak terima kasih.
Kebumen,
1 Oktober 2018
BAB
I
PEMBAHASAN
A. Ringkasan Materi
- Java.awt.color
(fungsinya supaya bisa mewarnai obyek yang kita buat)
- Java.awt.Graphics
(fungsinya untuk membuat obyek)
- Java.swing.Jframe
(fungsinya supaya bisa mengatur ukuran tampilan frame saat dirun projectnya)
- Java.swing.JPanel
(funsinya untuk memunculkan jendelanya dengan jPanel bukan Jframe)
- Public class
Rumah extends JPanel ( menunjukan bahwa Class “Rumah” menggandeng JPanel atau dapat dibilang
perluasan )
- Public void
paint (Graphics g) { (untuk mulai melakukan menggambar grafik dengan
menggunakan
variable “g”
…”g” dapat diganti dengan huruf atau karakter lain…asalakan sesuaikan dengan
coding2 dibawahnya..)
B. Tujuan
E. Langkah - langkah
1. Langkah pertama Klik File lalu Klik New Project atau Klik ikon New Project pada tampilan Netbeans
1. Memahami
konsep dasar geometri dengan Java.
2. Mampu
mengimplementasikan pemrograman Java untuk membuat bangun geometri
C. Alat
dan Bahan
1. PC
1 unit support netbeans
2. Software
Java SDK
D. Keselamatan
Kerja
1. Gunakan
peralatan sesuai dengan fungsinya
2. Bekerjalah sesuai
dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan E. Langkah - langkah
1. Langkah pertama Klik File lalu Klik New Project atau Klik ikon New Project pada tampilan Netbeans
2. Langkah kedua Klik Java lalu Pilih Java Aplication lalu Klik Next
3. Kemudian beri nama project sesuai yang kita inginkan lalu Klik Finish
4. Selanjutnya masukkan script berikut
5. Langkah terakhir kita lakukan Run, dengan Klik F6 atau Klik ikon Run
Project pada tampilan Netbeans, maka akan muncul seperti berikut :
BAB
II
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Grafika komputer (Computer graphics)
adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan
dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini
berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik
komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami
perkembanagn yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D.
Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu pemrosesan citra
(image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer
sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik
komputer meliputi:
-
Geometri:
yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
-
Animasi:
yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
-
Rendering:
yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra
(Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan
gambar.
B.
Kritik
dan Saran
Penulis memahami masih banyak kekurangan dalam
menyusun laporan ini, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat
diharapkan. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca secara
umum terlebih bagi penulis sendiri.
Komentar
Posting Komentar