Membuat Rumah Menggunakan Java Netbeans


LAPORAN HASIL PRAKTIKUM JOBSHEET II
MEMBUAT RUMAH MENGGUNAKAN JAVA
PADA NETBEANS
Disusun guna untuk memenuhi tugas
Mata Kuliah Grafika Komputer
Dosen Pengampu Imanaji Hari Sayekti, S.Pd, M.Pd




 

Disusun oleh :
OSI ULFAH              17.MI.0014



AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PGRI KEBUMEN
TAHUN AJARAN 2018 / 2019

KATA PENGANTAR

            Syukur Alhamdulillah kita sampaikan kepada kehadirat Allah S.W.T. karena dengan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Makalah ini tepat pada waktunya.
            Sholawat serta salam tak bosan – bosannya kita ucapkan kepada baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa ummatnya kepada jalan kebenaran yang diridhai oleh Allah SWT dari dunia sampai akhirat.
            Laporan ini berjudul “Laporan Hasil Praktikum II Membuat Rumah Menggunakan Java Pada Netbeans’’ ditulis dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas individu dalam mata kuliah Grafika Komputer.
Namun perlu disadari bahwa, masih banyak kekurangan dalam penyusunan Laporan ini, oleh karenanya segala perbaikan yang mengarah supaya makalah ini mendekati sempurna, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.
Atas perhatiannya penulis ucapkan banyak terima kasih.

                                                                        Kebumen, 1 Oktober 2018

BAB I
PEMBAHASAN
A. Ringkasan Materi
    - Java.awt.color (fungsinya supaya bisa mewarnai obyek yang kita buat)
    - Java.awt.Graphics (fungsinya untuk membuat obyek)
    - Java.swing.Jframe (fungsinya supaya bisa mengatur ukuran tampilan frame saat dirun projectnya)
    - Java.swing.JPanel (funsinya untuk memunculkan jendelanya dengan jPanel bukan Jframe)
   - Public class Rumah extends JPanel ( menunjukan bahwa Class “Rumah” menggandeng JPanel atau dapat dibilang perluasan )
  - Public void paint (Graphics g) { (untuk mulai melakukan menggambar grafik dengan menggunakan
variable “g” …”g” dapat diganti dengan huruf atau karakter lain…asalakan sesuaikan dengan coding2 dibawahnya..)
B.     Tujuan
1.      Memahami konsep dasar geometri dengan Java.
2.      Mampu mengimplementasikan pemrograman Java untuk membuat bangun geometri
       C.     Alat dan Bahan
1.      PC 1 unit support netbeans
2.      Software Java SDK
      D.    Keselamatan Kerja 
                 1.      Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
           2.   Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan 
E.  Langkah - langkah 
       1.  Langkah pertama Klik File lalu Klik New Project atau Klik ikon New Project pada tampilan Netbeans

       2.  Langkah kedua Klik Java lalu Pilih Java Aplication lalu Klik Next

       3.  Kemudian beri nama project sesuai yang kita inginkan lalu Klik Finish

       4.  Selanjutnya masukkan script berikut  

       5. Langkah terakhir kita lakukan Run, dengan Klik F6 atau Klik ikon Run Project pada tampilan Netbeans, maka akan muncul seperti berikut : 

BAB II
PENUTUP
      A.    Kesimpulan
Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami perkembanagn yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
-          Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
-          Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
-          Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
-    Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
      B.     Kritik dan Saran
Penulis memahami masih banyak kekurangan dalam menyusun laporan ini, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca secara umum terlebih bagi penulis sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Grafik/Objek Sederhana Menggunakan Java Netbeans

Membuat Kubus 3D dengan Java Neatbeans

Membuat Animasi Dengan Java Netbeans