Membuat 3D dengan Netbeans



LAPORAN HASIL PRAKTIKUM JOBSHEET 9
MEMBUAT BENTUK 3D GRAFIKA MENGGUNAKAN
JAVA PADA NETBEANS
Disusun guna untuk memenuhi tugas
Mata Kuliah Grafika Komputer
Dosen Pengampu Imanaji Hari Sayekti, S.Pd, M.Pd




Disusun oleh :
OSI ULFAH              17.MI.0014



AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PGRI KEBUMEN
TAHUN AJARAN 2018 / 2019
KATA PENGANTAR

            Syukur Alhamdulillah kita sampaikan kepada kehadirat Allah S.W.T. karena dengan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Makalah ini tepat pada waktunya.
            Sholawat serta salam tak bosan – bosannya kita ucapkan kepada baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa ummatnya kepada jalan kebenaran yang diridhai oleh Allah SWT dari dunia sampai akhirat.
            Laporan ini berjudul “Laporan Hasil Praktikum Jobsheet 9 Membuat Bentuk 3D Grafika Menggunakan Java Pada Netbeans’’ ditulis dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas individu dalam mata kuliah Grafika Komputer.
Namun perlu disadari bahwa, masih banyak kekurangan dalam penyusunan Laporan ini, oleh karenanya segala perbaikan yang mengarah supaya makalah ini mendekati sempurna, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.
Atas perhatiannya penulis ucapkan banyak terima kasih.

                                                                        Kebumen, 5 Desember 2018





BAB I
PEMBAHASAN
A.    Ringkasan Materi
Java 3D API adalah sebuah hirarki class yang menyediakan interface untuk sistem render grafis dan  suara  tiga  dimensi  yang  kompleks.  Sehingga  dengan  demikian  programmer  dapat  bekerja  pada konstruk  level  tinggi  tanpa  perlu mengetahui  bagaimana  proses  berjalannya.  API  ini  menyediakan  lebih dari 100 class yang akan diproses sedemikian rupa oleh engine 3D tersebut.
Karena merupakan library eksternal, Java 3D API tidak tersedia secara default dalam JDK standart edition.  Bahkan saat ini Java 3D sudah menjadi project komunitas open source. Jadi Anda harus mendownload-nya terlebih dahulu di website resmi project-nya, https://java3d.dev.java.net/ (juga tersedia dalam CD). Versi terbarunya saat artikel ini ditulis adalah 1.5.2.
1.      Download installer Java 3D sesuai sistem operasi yang Anda gunakan. Setelah proses download selesai, Anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu, yang caranya berbeda-beda tergantung sistem operasi yang Anda gunakan. Untuk sistem operasi Windows cukup mudah, cukup jalankan file installer berekstensi exe. Pada kesempatan kali ini file sudah diberikan oleh dosen
2.      Selesai, package yang terinstall siap digunakan dalam program. Namun sebelum itu, alangkah baiknya Anda mengerti bagaimana konsep atau resep untuk membuat program Java 3D. Secara umum, proses tersebut dapat disingkat sebagai berikut.
·         Membuat object Canvas3D.
·         Membuat object VirtualUniverse.
1.      Membuat object Locale, kemudian memasukkannya dalam Virtual Universe.
2.      Membuat cabang graph tampilan.
3.      Membuat object View.
4.      Membuat object ViewPlatform.
5.      Membuat object PhysicalBody.
6.      Membuat object PhysicalEnvironment.
7.      Memasukkan object ViewPlatform, PhysicalBody, PhysicalEnvironment, dan Canvas3D kedalam object View.
·         Mengkonstruksi content branch graph.
·         Meng-compile branch graph.
·         Memasukkan subgraph ke dalam Locale.
3.      Resep tersebut bisa lebih sederhana untuk pemula, menggunakan class SimpleUniverse. Class ini cukup bagus untuk pemula yang ingin mempelajari pemrograman Java 3D. Sayangnya, jika menggunakan cara ini maka tidak memungkinkan untuk mempunyai banyak view dalam virtual universe. Class ini terletak dalam package com.sun.j3d.utils.universe. Hasil resep sederhana dengan penggunaan SimpleUniverse adalah:
·         Membuat sebuah object Canvas3D.
·         Membuat object SimpleUniverse yang mereferensi object Canvas3D.
·         Mengatur object SimpleUniverse sesuai kebutuhan.
·         Membuat content branch.
·         Meng-compile content branch graph.
·         Memasukkan content branch graph ke dalam Locale dari SimpleUniverse.
Jika Anda masih bingung, Anda dapat melihat ilustrasi konsep penggambaran pada layar.
4.      Tampilan branch graph termasuk juga layar gambar (image plate) di dalamnya. Image plate adalah sebuah kotak datar di mana content diproyeksikan untuk membentuk sebuah gambar render 2 dimensi. Secara  default,  image  plate  akan  menangkap  area  tengah  (titik  origin).  Ilustrasi  hubungan  antara image plate, posisi mata, dan virtual universe bisa Anda lihat pada gambar.

B.     Tujuan
1.      Memahami 3D Grafika Komputer.
2.      Mampu memahami dasar pembentukan 3D Grafika dengan Java

C.     Alat dan Bahan
1.      PC 1 unit support netbeans
2.      Software Java SDK dan API java 3D

D.    Keselamatan Kerja
1.      Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
2.      Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan

E.     Langkah – langkah
1.    Langkah pertama buka Netbeans lalu buat project baru dengan Klik  File lalu Klik New Project atau Klik ikon New Project pada tampilan Netbeans
2.   Langkah kedua Klik Java lalu Pilih Java Aplication lalu Klik Next
3.   Kemudian beri nama project sesuai yang kita inginkan lalu Klik Finish
4.  Setelah itu tambahkan 3 file yaitu j3dcore.jar, j3duits.jar dan vecmatch.jar, ke dalam Libraries, dengan Klik Kanan pada Libraries Project, lalu Pilih Add JAR/Folder, pilih ketiganya, lalu Klik Open. Tujuanya untuk mencegah terjadinya masalah saat membuat program  
5.   Langkah berikutnya masukkan script berikut:
6.  Langkah terakhir lakukan Run, dengan tekan F6 maka akan muncul tampilan Kubus dan Bola didalamnya dan bergerak mengikuti gerakan mouse seperti berikut:  
 



BAB II
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami perkembanagn yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
-          Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
-          Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
-          Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
-          Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

B.     Kritik dan Saran
Penulis memahami masih banyak kekurangan dalam menyusun laporan ini, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca secara umum terlebih bagi penulis sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Grafik/Objek Sederhana Menggunakan Java Netbeans

Membuat Kubus 3D dengan Java Neatbeans

Membuat Animasi Dengan Java Netbeans