Membuat Grafik/Objek Sederhana Menggunakan Java Netbeans
LAPORAN HASIL PRAKTIKUM JOBSHEET I
MEMBUAT BANGUN GEOMETRI MENGGUNAKAN
JAVA
PADA NETBEANS
Disusun
guna untuk memenuhi tugas
Mata
Kuliah Grafika Komputer
Dosen
Pengampu Imanaji Hari Sayekti, S.Pd, M.Pd
Disusun
oleh :
OSI
ULFAH 17.MI.0014
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PGRI KEBUMEN
TAHUN
AJARAN 2018 / 2019
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kita sampaikan
kepada kehadirat Allah S.W.T. karena dengan rahmat dan karunia-Nya, sehingga
penulis dapat menyelesaikan tugas Makalah ini tepat pada waktunya.
Sholawat serta salam tak bosan –
bosannya kita ucapkan kepada baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa
ummatnya kepada jalan kebenaran yang diridhai oleh Allah SWT dari dunia sampai
akhirat.
Laporan ini berjudul “Laporan Hasil
Praktikum I Membuat Grafik/Objek Menggunakan Java Pada Netbeans’’ ditulis
dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas individu dalam mata kuliah Grafika
Komputer.
Namun
perlu disadari bahwa, masih banyak kekurangan dalam penyusunan Laporan ini,
oleh karenanya segala perbaikan yang mengarah supaya makalah ini mendekati
sempurna, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.
Atas perhatiannya
penulis ucapkan banyak terima kasih.
Kebumen, 21 September
2018
BAB
I
PEMBAHASAN
A.
Ringkasan Materi
Grafika Komputer adalah suatu proses pembuatan,
penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang
seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Istilah
”Grafika Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain
model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh
manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek
serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
·
Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif
:
Inputan : mouse, tablet dan stylus, peralatan
force feedback, scanner, live video stream, dll. Proses dan Penyimpanan
Keluaran : layar, printer berbasis kertas,
perekam video, non-linear editor, dll
·
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik
Komputer
Pemodelan geometris : menciptakan
model matematika dari objek - objek 2D dan 3D.
Rendering : Memproduksi citra yang
lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Animasi : Menetapkan atau menampilkan
kembali tingkah laku atau behavior objek bergantung waktu
·
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
Graphics
library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
Application program
memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
Hasil dari interaksi
user menghasilkan/modifikasi citra
Citra merupakan hasil
akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.
·
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu
konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan
pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi,
Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri - ciri Permukaan (warna, tekstur),
Volumetric Properties / Ciri – ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
·
Dasar Matematika yang diperlukan dalam
Grafika Komputer
Geometry (2D, 3D) : Trigonometry,
Vector spaces
Points, vectors, dan
koordinat : Dot dan cross
products
B. Tujuan
1. Memahami
konsep dasar geometri dengan Java.
2. Mampu
mengimplementasikan pemrograman Java untuk membuat bangun geometri
C. Alat
dan Bahan
1. PC
1 unit support netbeans
2. Software
Java SDK
D. Keselamatan
Kerja
1. Gunakan
peralatan sesuai dengan fungsinya
2. Bekerjalah sesuai
dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan E. Langkah - langkah
1. Langkah pertama Klik File lalu Klik New Project atau Klik ikon New Project pada tampilan Netbeans
2. Langkah kedua Klik Java lalu Pilih Java Aplication lalu Klik Next
3. Kemudian beri nama project sesuai yang kita inginkan lalu Klik Finish
4. Selanjutnya masukkan script berikut
5. Setelah itu Klik Clean and Bild Project pada tampilan Netbeans
6. Langkah terakhir kita lakukan Run, dengan Klik F6 atau Klik ikon Run Project pada tampilan Netbeans, maka akan muncul seperti berikut :
7. Apabila ingin merubah judul, warna dan bentuk, pertama kita ubah pada bagian frame.setTitle, ganti sesuai yang kalian inginkan, misalnya saya ganti menjadi Grafika Komputer, lalu untuk mengubah warna, kita ganti pada bagian setBackground misalnya saya ganti dengan warna yellow, seperti scipt berikut :
8. Sedangkan untuk mengubah bentuknya kita bisa ganti bentuk oval atau segitiga atau sebagainya, misalnya saya ganti seperti script berikut:
9. Lalu kita Run dengan Klik F6, maka akan muncul hasilnya seperti berikut :
BAB
II
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Grafika komputer (Computer graphics)
adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan
dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini
berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik
komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami
perkembanagn yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D.
Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu pemrosesan citra
(image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer
sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik
komputer meliputi:
-
Geometri:
yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
-
Animasi:
yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
-
Rendering:
yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
-
Citra
(Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan
gambar.
B.
Kritik
dan Saran
Penulis memahami masih banyak kekurangan dalam
menyusun laporan ini, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat
diharapkan. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca secara
umum terlebih bagi penulis sendiri.
Komentar
Posting Komentar